Olahraga

Ingin Memperkuat Timnas Indonesia, Striker Muda Ajax Asterdam Ini Siap Naturalisasi

SHARE

Katipol.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia telah mengeluarkan rekomendasi agar penyerang blasteran Indonesia-Belanda, Ezra Harm Ruud Walian (19), segera dinaturalisasi.

Hal itu termaktub dalam surat yang dikirimkan Kementrian Pemuda dan Olahraga kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) guna menindaklanjuti surat dari KONI Pusat.

Surat bernomor 2270/UMM/XII/2016 tertanggal 28 Desember 2016 menerangkan bahwa kementrian yang dipimpin oleh Imam Nahrowi menyambut baik dan mendukung keinginan Ezra untuk menjadi WNI.

Sebelumnya, Ezra memang diundang PSSI dalam laga ekshibisi bersama Munia Sport Group di lapangan TNI Cijantung, Jakarta Timur Kamis (29/12/2016) sore WIB.

Pertandingantersebut merupakan inisiatif PSSI untuk memantau bagaimana permainan Ezra. Ia sendiri hanya bermain selama 45 menit saja di laga tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Ezra mengungkapkan keinginannya untuk membela timnas Indonesia kelak. Namun, saat ini, pemain kelahiran kota Amsterdam itu mengaku masih fokus bermain untuk tim yunior Ajax Amsterdam, Jong Ajax.

Jong Ajax menjadi salah satu klub rule kerap menelurkan pemain kelas dunia. salah satu nama yang paling kesohor, yakni eks penyerang Arsenal, The Flying Dutchman, Dennis Bergkamp.

Jika jadi dinaturalisasi tahun ini, Ezra tentu memiliki peluang untuk membela timnas Indonesia U-22 pada ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-31 Agustus mendatang.

Ezra Walian lahir di kota Amsterdam, Belanda, tanggal 22 Oktober 1997. Darah Indonesia Ezra mengalir dari sang ayahnya, Glenn Walian, yang asli  asli Manado, Sulawesi Utara. Semantara itu, sang ibu yang kini telah tiada, Linda Bosch, merupakan warga negara Belanda.

Ditilik lebih jauh, kakek Ezra dari pihak ayah juga merupakan warga Manado, sementara neneknya asli penduduk Pulau Bangka

 

loading...