Home Gadget Begini Cara Agar Foto WA Tidak Download Otomatis

Begini Cara Agar Foto WA Tidak Download Otomatis

foto wa, download otomatis, video wa, tips wa, android wa

Katipol.com – Bagaimana sih caranya agar foto atau gambar-gambar yang ada Di Chat WA tidak download atau tersimpan secara otomatis ke memori penyimpanan atau galeri ponsel kita ? Memang, ukuran-ukuran dari foto atau gambar-gambar yang ada di WA itu mungkin ukurannya tidak terlalu besar, namun banyak sekali. Terkadang gambar dari grup-grup whatsapp kerap kita temui berjejer banyak sekali di galeri ponsel dan membuat memori jadi penuh, dan kita keki untuk hapusnya.

Foto atau gambar di Wa secara otomatis di download memang itu sudah settingan default dari aplikasi WhatsApp, namun meski begitu tentu bisa dirubah pengaturannya agar file-file di WA tidak tersimpan secara otomatis di ponsel kita.

Terkadang karena di download otomatis ke ponsel ini tidak hanya merugikan penyimpanan internal atau eksternal memori ponsel kita tetapi juga mencegah agar tidak terjadi download otomatis bisa sangat membantu menghemat kuota data internet kita.

Nah, sekarang mari kita bahas, pertama untuk anda para pengguna Android. Secara di Indonesia para pengguna ponsel Androidlah yang paling banyak.

Tips untuk Para Pengguna Android

  • Silahkan anda Buka aplikasi WhatsApp, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas
  • Pilih Settings atau jika ponsel anda menggunakan bahasa Indonesia pilih Setelan
  • lalu Pilih Data and Storage Usage atau Penggunaan Data dan Penyimpanan
  • Lalu Pilih opsi Saat Menggunakan Data Seluler, diikuti centang Foto, Video, Audio dan Document.
  • Nah jangan lupa lakukan juga hal yang sama pada opsi Saat Terhubung dengan WiFi dan Saat Roaming.


Dan untuk anda para pengguna iOS

  • Buka WhatsApp, tekan Setting/Pengaturan di pojok kanan bawah
  • Pilih Data and Storage Usage/ Penggunaan Data dan Penyimpanan
  • Klik Photo pilih opsi Never
  • Agar maksimal, lakukan hal yang sama pada Video, Audio dan Document

Nah, setelah anda melakukan tips diatas, maka mulai sekarang semua file foto atau gambar, video, audio dan dokumen tidak akan di download atau tersimpan otomatis lagi ke galeri penyimpanan ponsel anda.

Dengan cara ini, ponsel akan lebih ringan meski banyak foto-foto dan video yang berseliweran di grup-grup WA anda. Serta hemat kuota, hemat Data. Hemat listrik… Uppss. 😀

Loading...