Home Nasional Inilah Info Valid Jadwal Pendaftaran PPPK dan CPNS 2019

Inilah Info Valid Jadwal Pendaftaran PPPK dan CPNS 2019

98

Rancah.com  – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin mengungkapkan jadwal pendaftaran rekrutmen PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) dan CPNS tahun ini.

Rencananya, pendaftaran untuk PPPK akan dibuka pada September. Sedangkan CPNS di bulan Oktober.

“Rekrutmen CPNS nanti bulan sepuluh. Alokasinya 100 ribu. Sedangkan PPPK tahap kedua bulan sembilan,” kata Menteri Syafruddin usai bertemu Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Selasa (2/7).

Dia mengungkapkan, untuk seleksi CPNS akan dibuat sistem sedinamis dan sebagus mungkin. Tujuannya agar mendapatkan SDM yang kualitasnya bagus, dan tidak menafikkan kepentingan individu generasi muda yang akan mengabdi pada negara.

Mengenai formasi apa saja yang dibuka untuk CPNS, menurut Syafruddin, tetap di bidang skill. Saat ini daerah-daerah masih kekurangan guru, tenaga kesehatan terutama bidan, perawat, dan dokter untuk mengisi puskesmas. Kemudianan di bidang infrastruktur. Sedangkan tenaga administratif akan dikurangi.

“Tenaga administrasi sudah banyak makanya harus dikurangi agar tidak menumpuk dan membebani birokrasi,” ucapnya.

Pernyataan Syafruddin ini sejalan dengan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. Secara data, jumlah tenaga administrasi sudah berlebihan sehingga tidak perlu lagi direkrut pegawai baru

Kecuali untuk mengganti yang pensiun. Itupun tidak banyak karena posisi tenaga administrasi akan digantikan dengan penggunaan e-office.

Sedangkan untuk formasi PPPK, guru tetap prioritas. “Karena yang mengabdi banyak guru honorer makanya mereka selalu diperhatikan. Tahap I kan sudah banyak yang diangkat nanti di tahap II akan diangkat lagi,” tandasnya.

Tahun ini pemerintah akan membuka formasi ASN sebanyak 250 ribu terdiri dari 100 ribu CPNS dan 150 ribu PPPK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here