Beranda Uncategorized Panduan Lengkap Cara Menanam Selada Menggunakan Polybag

Panduan Lengkap Cara Menanam Selada Menggunakan Polybag

cara menanam, cara budidaya, selada, selada dalam polybag
Cara-Menanam-Selada-Di-Polybag

Katipol.com – Panduan Lengkap Cara menanam Selada Menggunakan Polybag. Cara budidaya selada menggunakan polybag sebagai media tanam merupakan suatu kemudahan bagi anda yang tidak memiliki lahan yang cukup untuk budidaya selada ini. Sebelum memulai cara budidaya selada menggunakan polybag ini kita mulai, alangkah lebih baiknya kita mengenai terlebih dahulu mengenai selada ini.

Selada (Lactuca sativa) adalah tumbuhan sayur yang biasa ditanam di daerah beriklim sedang maupun daerah tropika. Kegunaan utama adalah sebagai salad. Produksi selada dunia diperkirakan sekitar 3 juta ton,yang ditanam pada lebih dari 300.000 ha lahan.(Sumber: Wikipedia). Daun selada memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai berikut : Selada mempunyai kandungan mineral, termasuk iodium, fosfor, besi, tembaga, kobalt, seng, kalsium, mangan, dan potasium, sehingga selada mempunyai khasiat terbaik dalam menjaga keseimbangan tubuh. Kulit luar yang hijau adalah yang paling baik. Dimasak perlahan-lahan selama 15 menit merupakan obat penderita insomnia.

Nah, dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa budidaya selada ini masih sangat menjanjikan karena masih banyak masyarakat yang mencari selada ini untuk dikonsumsi, nah jika anda berminat untuk membudidayakan selada ini, berikut ini adalah caranya :

  1. Mempersiapkan Benih

Media tanam yang anda gunakan dalam budidaya selada kali ini adalah menggunakan polybag, dan setelah itu selesai langkah penting selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah persiapan benih, ada beberapa jenis selada yang bisa anda budidayakan diantaranya selada boston, selada bokor serta selada loose leaf. Pilihlah jenis selada yang anda sukai.

  1. Mempersiapkan Media Tanam Polybag

Setelah anda memilih benih selada yang akan anda budidayakan, langkah selanjutnya yang harus anda persiapkan adalah media tanam yang kali ini anda gunakan adalah media tanam dengan polybag. Yang perlu anda persiapkan adalah sekam dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Setelah kedua bahan ini anda persiapkan langkah selanjutnya adalah anda harus mencampurkan sekam dan kompos tadi dengan merata, setelah pencampuran yang anda lakukan sudah merata, masukkan media tanam yang sudah dicampur tadi kedalam polybag hingga cukup untuk menanam benih selada. Anda harus memastikan bahwa media tanah yang dimasukkan kedalam polybag tidak terlalu padat, agar akar selada bisa berkembang.

  1. Proses Penyemaian

Menyemai ini dilakukan bertujuan agar benih yang akan ditanam adalah yang benar-benar dapat tumbuh dengan baik, untuk proses penyemaian ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dengan baik, yakni :

  • Anda harus memastikan terlebih dahulu benih selada direndam didalam air hangat selama satu malam.
  • Setelah proses perendaman selesai, anda pisahkan atau sebarkan benih selada tersebut kedalam wadah tempat untuk menyemai yang sudah anda persiapkan sebelumnya.
  • Selama sekitar seminggu proses semai, bibit selada akan tumbuh, nah saatnya anda memindahkan bibit selada yang tumbuh tersebut ke dalam polybag.
  1. Proses Menanam Selada

Proses selanjutnya setelah bibit selada selesai disemai, anda harus menanam bibit tersebut kedalam polybag. Anda harus membuat lubang namun jangan terlalu dalam agar akar selada bisa bebas tumbuh. Didalam lubang anda dapat memasukkan bibit selada sebanyak 4 atau 5  helai, ketika menanam bibit selada anda harus berhati-hati agar bibit yang dipindahkan tidak rusak.

  1. Proses Pemupukan

Agar tanaman budidaya selada ini dapat berkembang dengan baik, anda harus memastikan pemberian pupuk yang teratur pada tanaman selada ini, anda disarankan memberikan pupuk kandang atau pupuk bokasi. Pemupukan ini anda lakukan kemedia tanam sebelum anda memindahkan bibit selada kedalam polybag.

  1. Proses Penyiraman

Tanaman selada ini membutuhkan cukup air untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, oleh karena itu anda harus melakukan penyiraman yang teratur. Anda dapat melakukan penyiraman ini sebanyak 2 kali sehari.

  1. Proses Pemanena Selada

Untuk proses pemanena selada ini sendiri dapat dilakukan ketika selada sudah berusia dua bulan sejak dipindahkan kedalam polybag. Anda dapat memanen selada ini dengan mencabutnya langsung sampai keakarnya atau anda juga dapat mengguntingnya.

Demikian artikel yang bisa kami sampaikan saat ini mengenai Panduan Lengkap Cara Budidaya Selada Menggunakan Polybag, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan budidaya selada ini dan semoga sukses.

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaPanduan Lengkap Cara Menanam Jambu Air yang Baik
Artikel berikutnyaDPRD DKI Kaget Lihat TGUPP Bentukan Anies Setelah Rapat Di Komisi C Ternyata …