Beranda Bertani Cara Budidaya Buah Melon

Cara Budidaya Buah Melon

Katipol.com – Cara Budidaya Buah Melon, Diindonesia buah melon sudah mudah dijumpai baik dipasar modern maupun pasar tradisional, rasa buah melon yang manis dan enak ketika dikonsumsi, membuat buah ini banyak digemar oleh masyarakat. Tidak hanya dikonsumsi secara langsung, buah melon ini juga dapat dikonsumsi dengan cara mengolahnya terlebih dahulu, sudah banyak terdapat produk olahan dari bahan dasar buah melon ini antara lain produk olahan es krim, jus dan masih banyak produk lainnya.

Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya. Sumber : Wikipedia

Buah melon merupakan salah satu tanaman yang cukup mudah dan sederhana untuk dibudidayakan, anda tinggal mengambil beberapa biji dari bagian tengah buah melon dan meletakkannya di tanah yang telah kita gemburkan dan diberi air terlebih dahulu. Selanjutnya tinggal kita biarkan saja hingga biji-biji tersebut tumbuh menjadi pohon melon. Kemudian kita tinggal merawatnya dengan memberikan air secara rutin hingga pohon melon tersebut tumbuh semakin besar dan berbuah. Sementara itu, budidaya melon juga bisa menjadi sebuah peluang usaha yang bisa mendatangkan keuntungan sangat besar, mengingat melon adalah buah yang sangat digemari. Namun cara budidaya melon tentu tidak sama dengan cara menanam pohon melon yang hanya dijadikan sekedar hoby. Dan langsung saja berikut ini adalah Cara Budidaya Buah Melon :

  1. Pemilihan Lahan atau Media Tanama Buah Melon

Agar tanaman melon ini dapat tumbuh dan berbuah dengan baik, pemilihan lahan atau media tanam pada budidaya buah melon ini merupakan hal yang sangat penting yang perlu anda perhatikan. Lahan yang paling baik untuk menumbuhkan tanaman melon yakni lahan yang terletak di ketinggian antara 300 hingga 1000 mdpl. Sementara air atau curah hujan yang diperlukan idealnya yakni sekitar 2000 hingga 3000 mm per tahun. Tanaman melon memerlukan sinar matahari yang cukup lama, yakni sekitar 10 hingga 12 jam per hari. Kemudian untuk kelembaban udara, akan sangat baik jika lahan yang dipakai untuk budidaya ini memiliki kelembaban udara sekitar 75%.

  1. Proses Pembibitan Buah Melon

Untuk tanaman buah melon ini sendiri tergolong cukup sederhana anda dapat menggunakan plastik-plastik polybag yang disusun sedemikian rupa. Selanjutnya, jika telah ada biji-biji yang mulai tumbuh, maka kita pindahkan mereka ke dalam kantong-kantong plastik polybag. Sebelum ditanam di lahan yang telah kita persiapkan sebelumnya, bibit melon terlebih dahulu akan ditumbuhkan di dalam polybag hingga beberapa hari. Biasanya, tanaman melon akan siap dipindahkan untuk di tanam di atas lahan ketika telah mencapai usia lebih kurang 10 hari.

  1. Proses Tanam

Ada beberapa teknik yang dapat anda gunakan saat akan melakukan proses penanaman melon ini diantaranya adalah teknik menanam melon di atas lahan dengan baik dan benar. Penanaman tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kita harus membuat pola garis yang rapi sehingga usaha budidaya kita ini bisa lebih mudah dan lancar. Untuk bibit melon yang telah berusia sekitar 10 hari, bisa mulai kita pindahkan ke atas lahan yang telah kita atur. Untuk waktu penanaman, saat yang paling tepat untuk menanam buah melon yakni pada waktu musim kemarau. Kita perlu mengatur jarak tanam dengan baik, yakni sekitar 70 x 60 cm. Untuk cara menanam, kita buat dulu lubang-lubang di lahan tersebut dengan kedalaman sekitar 8 cm, kemudian kita tanam pohon-pohon melon yang telah siap tanam di dalamnya. Selanjutnya, tanaman melon harus terus dirawat dengan memberikan pupuk dan mengairi lahan. Ketika pohon melon telah berbuah, maka kita harus menseleksi buah yang tumbuh dan menyisakan 2 atau 3 buah saja supaya buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang maksimal.

  1. Proses Panen Buah Melon

Setelah semua cara diatas anda lakukan dengan baik dan benar, tahapan yang ditunggu adalah proses panen, untuk masa panen buah melon ini dapat dilakukan setelah tanaman melon ini sudah memiliki umur sekitar 3 bulan setelah proses tanam. Untuk cara panen buah melon ini sendiri tergolong mudah yakni anda hanya melakukannya dengan cara memetik buah melon tersebut dari pohonnya, dan anda harus melakukannya dengan hati-hati agar buah melon tidak lecet dan rusak.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai artikel Cara Budidaya Buah Melon kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang akan melakukan budidaya melon ini.

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaCara Budidaya Bengkoang atau Cara Terbaik Menanam Bengkuang
Artikel berikutnyaCara Budidaya Jeruk Nipis