Beranda Bertani Cara Menanam Kelengkeng yang Baik

Cara Menanam Kelengkeng yang Baik

Katipol.com – Cara Menanam Kelengkeng, Perlu anda ketahui kelengkeng merupakan salah satu jenis buah yang memiliki rasa manis dan enak ketika dikonsumsi, hal inilah yang membuat buah kelengkeng banyak disukai oleh masyarakat. oleh sebab itu banyak masyarakat sekarang sudah hobby untuk menanam kelengkeng disekitaran rumah.
Lengkeng (juga disebut kelengkeng, matakucing, longan,[butuh rujukan] Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae) adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Pohon lengkeng dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1–20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5–20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun.

Perbungaan umumnya di ujung (flos terminalis), 4–80 cm panjangnya, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang hingga 6 mm. Buah bulat, coklat kekuningan, hampir gundul; licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus) tipis berwarna putih dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Terkadang berbau agak keras. Sumber : Wikipedia.com

Berikut ini adalah cara menanam kelengkeng
1. Pemberian Pupuk Booster
pupuk booster ini digunakan sebagai tambahan pendukung dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman kelengkeng. karena kelengkeng membutuhkan nutrisi kandungan potassium klorat.Potassium klorat dapat merangsang kelengkeng berproduksi buah dengan cepat,dan hebatnya lagi anda bisa menentukan waktu tanaman berbuah. Kandungan yang terdapat pada pupuk booster unsur seperti asam amino, KNO3, potas juga unsur makro maupun mikro., asam amino, KNO3 dan potas.

2. Aplikasi Pupuk
Pupuk ini di aplikasikan jika umur tanaman kelengkeng sudah mencapai 6 bulan, dengan keadaan sehat, dan pucuk daun setengah tua dengan ditandai daun berwarna hijau muda. selanjutnya kulit ari yang terdapat pada batang pokok di kerok dengan bambu, begitujuga dengan batang primer. Pada tahap ini biasanya berwana coklat, lakukan secara hati-hati dan kerok dengan tipis. Campurkan pupuk booster dengan air bersih sebnyak 4-5 liter, larutkan air dan pupuk booster dengan merata. Siapkan kain lap untuk menglap permukaan batang pohon yang sudah dikerok tadi dengan di celupkan pupuk booster terlebihdahulu. kemudian larutan di siramkan pada sisi sekitar pangkal batang.

Disarankan pengaplikasian dilakukan pada pagihari yang bertujuan untuk merangsang tumbuhnya bakalan bunga. Pupuk booster memiliki dosis yang sudah di kondisikan untuk setiap sentinya yaitu 1 dosis pupuk booster maksimal untuk 12 cm lingkaran batang dan biarkan kurang lebih 4 jam kemudian pastikan larutan meresap sempurna. Ada beberapa perbedaan dengan jenis kelengkeng Diamond River, gunakan KNO3 membutuhkan 2 botol larutan atau bisa diganti dengan NPK 16. Sesudah 21 hari sampai 2 bulan bakalan bunga akan tumbuh. Pastikan pohon kelengkeng anda mendapatkan sinar matahari yang cukup agar klengkeng dapat melakukan fotosintesis dengan baik. Perhatikan paktor pendukung lainya seperti ketersedian unsur hara dan hama penyakit yang mengganggu tanaman. Varietas yang anda tanam sangat berpengaruh sekali dengan hasil dan kualitas kelengkeng, maka sebaiknya jika anda menanam dari alam harus benar-benar bagus varietasnya.

3. Proses Pemeliharaan
Bibit yang bagus dapat mempengaruhi kualitas, rasa, peroduksi buah dan yang lainya, cara menanam kelengkeng berbuah banyak akan semakin cepat apabila varietas sangat bagus. Varietas yang umumnya di gunakan untuk peroduksi banyak biasanya jenis pingpong dan diamond river karena dapat berbuah lebih cepat.

4. Pemberian Pupuk
Pupuk diberikan secara rutin minimal 1 bulan sekali. Perbandingan yang di berikan pada tanaman kelngkng NPK 16 : 16 : 16.

5. Proses Penyiramaan
Menanam kelengkeng tidak ribe pemeliharaanya tidak seperti tanaman semusim cukup siram 1 x setiap 2 hari sekali. Dan cek kelembaban tanah yang berada pada perakaran
tanah, jika dirasa masih lembab jangan disiram.

6. Proses Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan menggunakan 1:3:9. Cabang yang banyak akan memperbanyak bunga yang tumbuh, serta kerapatan pada setiap daun teratur. dengan sistem 1:3:9 rimbunya tanaman dapat kita sesuaikan dan menambah keindahan pada kebun.

Cara menanam kelengkeng mudah di lakukan, dan itu adalah salah satu tekni yang di gunakan oleh para pengusaha perkebunan buah kelengkeng yang sukses di bidangnya.

7. Pemanenan Buah Kelengkeng
Buah kelengkeng dapat dipanen setelah buah kelengkeng berwarna kecoklatan dan sudah memiliki ukuran cukup besar, dan untuk cara panennya anda dapat memetik buah kelengkeng secara langsung dari pohonnya.

Demikian artikel kali ini mengenai cara menanam kelengkeng semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang akan melakukan proses budidaya kelengkeng dan menanam kelengkeng.

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaCara Budidaya Pinang yang Baik
Artikel berikutnyaCara Sukses Budidaya Mengkudu