Beranda Beternak Cara Budidaya Landak Mini

Cara Budidaya Landak Mini

Katipol.com- Cara Budidaya Landak MiniLandak adalah hewan pengerat (Rodentia) yang memiliki rambut yang tebal dan berbentuk duri tajam. Hewan ini ditemukan di Asia, Afrika,maupun Amerika, dan cenderung menyebar di kawasan tropika. Landak merupakan hewan pengerat terbesar ketiga dari segi ukuran tubuh, setelah kapibara dan berang-berang. Hewan ini agak “membulat” serta tidak terlalu lincah apabila dibandingkan dengan tikus. Karena rambut durinya, hewan lain yang mirip namun bukan pengerat, seperti hedgehog dan landak semut (Echidna), juga dikenali sebagai “landak”.

Landak secara umum adalah herbivora, dan menyukai daun, batang, khususnya bagian kulit kayu. Karena hal inilah banyak landak dianggap sebagai hama tanaman pertanian. Meskipun demikian, orang juga menjadikan landak sebagai salah satu bahan pangan. Sate landak merupakan salah satu menu khas dari Kabupaten Karanganyar. Landak yang biasa dikenal orang adalah Hystrix, namun secara umum landak juga dipakai untuk menyebut anggota dari suku/famili Erethizontidae (landak Dunia Baru, marga: Coendou, Sphiggurus, Erethizon, Echinoprocta, dan Chaetomys) dan Hystricidae (landak Dunia Lama, marga: Atherurus, Hystrix, dan Trichys).  Sumber : Wikipedia.com

Cara Budidaya Landak Mini

Membudidayakan Landak Mini
Sebelum memulai membudidayakan hewan mungil dan lucu ini, ada hal yang penting diingat. Anda harus sangat meluangkan waktu anda sebaik mungkin dan sebisa mungkin karena merawat sekaligus membudidayakan landak mini membutuhkan perhatian. Selain memperhatikan kondisi kesehatan dan asupan makanan landak betina yang hamil, perhatian pascamelahirkan kepada induk dan anak-anak landak juga perlu. Ini dikarenakan ketika kondisi dirasa tidak nyaman bagi induk landak, induk landak bisa memakan anak-anaknya sendiri. Baiklah, jika pemahamannya telah didapatkan, kini saatnya memulai pembudidayaan.

1. Tahapan Sebelum Mengkawinkan Landak
Sebelum membiarkan landak jantan dan betina melakukan proses reproduksi, dijamin anda akan sangat butuh kandang tempat mereka hidup dan melangsungkan proses reproduksi disana. Pembuatan kandangnya tidak begitu merepotkan, bahkan anda dapat membelinya. Siapkan kandang seluas 30 centimeter yang dapat dibuat dari sambungan kayu dan ditutupi oleh kawat, atau lebih mudahnya anda dapat membeli aquarium dengan ukuran yang sama.

Untuk masalah makanan bagi si landak mini, anda dapat memberikan makanan hewan yang dapat ditemukan di pet shop terdekat. Makanan hewan yang dimaksud adalah makanan hewan untuk anjing atau kucing. Jika anda dapat mengusahakan ketersediaan pakan alami seperti jangkrik, ulat hongkong, dan ulat jerman, maka berikan saja.

Lanjut ke pemilihan pasangan landak, landak betina dan jantan tidak bisa asal dipilih saja. Landak yang hendak dikawinkan harus memiliki sifat atau kelakuan yang baik, dalam artian jinak. Selain itu, umur landak mini yang sesuai untuk dikawinkan adalah di atas 5 bulan dan tidak melampaui usia 12 bulan.

2. Mengkawinkan Landak Mini
Letakkan landak betina ke dalam kandang jantan, lalu biarkan mereka berdua bersama di dalam kandang selama satu minggu (7 hari). Mulai dari anda mengkawinkan hingga nanti saat betina telah hamil, sangat baik untuk mencatat perkembangannya. Setelah 7 hari anda wajib mengeluarkan pejantan dari kandang dan membiarkan si betina sendirian. Usia kehamilan landak mini pada umumnya adalah 35 hari meskipun ada juga yang mencapai 46 hari.

3. Merawat Induk Landak dan Anak Landak Mini
Sediakan kotak khusus untuk induk landak, pengadaan kotak khusus adalah agar anda dapat memeriksa dan memantau perkembangan induk landak dan anak-anak landak nanti. Setelah masa kehamilan memasuki 2 minggu terakhir, tingkatkan porsi makanannya. Perhatikan apakah ada suara decitan dari dalam kotak atau tidak, jika ada maka induk landak telah melahirkan. Dilarang keras bagi anda untuk menyentuh anak landak, karena induk landak akan tidak mengenali anak yang anda sentuh karena baunya telah bercampur dengan bau/aroma anda. Jika hendak memindahkan anak lendak, dapat menggunakan sendok.

Demikian artikel kali ini mengenai cara budidaya landak mini, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaCara Budidaya Labu Kuning
Artikel berikutnyaCara Budidaya Kucing Persia