Beranda Bertani Cara Budidaya Pepaya California

Cara Budidaya Pepaya California

Katipol.com – Cara Budidaya Pepaya California, Pepaya california merupakan salah satu jenis pepaya yang ada dan merupakan salah satu jenis pepaya yang saat ini sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Pohon pepaya california selain unggul dalam jumlah buah disetiap pohon juga unggul dalam rasa dan warna. Pepaya jenis ini mempunyai jenis daging buah tebal, berbentuk lonjong, kulitnya tebal, dan buah berwarna kuning. Sementara rasanya sangat manis dan buahnya kenyal. Pepaya jenis california sangat mudah ditanam dan teknik menanam pepaya ini sangat mudah dan tidak membutuhkan belajar yang khusus. Ada banyak tips yang bisa anda dapatkan dari berbagai majalah pertanian dan juga internet untuk mengetahui cara menanam pepaya california ini.

1. Prospek Keuntungan Menanam Pepaya
Prospek keuntungan yang akan anda dapatkan ketika memanfaatkan ladang anda untuk menanam pepaya california adalah 4 kali panen dalam sebulan dan sekali panen bisa menghasilkan 2 ton/hektar. Prospek penjualan pepaya jenis ini juga masih sangat terbuka lebar karena raja pepaya sebelumnya yaitu pepaya Thailand atau pepaya bangkok sudah menurun karena adanya degradasi kualitas dan mutu. Saat ini yang merajai buah dipasaran adalah buah california. Jika satu kilo pepaya california dihargai 4 ribu rupiah dan 1 buah pepaya bisa seberat 2-3 Kg maka hitung sendiri prospek keuntungan anda setiap bulan.

2. Produktifitas Pepaya California
Pohon pepaya california ini bisa tetap berbuah sepanjang tahun dan anda akan bisa tetap memanen buah secara produktif selama 2-3 tiga tahun dan setelahnya hasil pepaya akan berkurang cukup drastis. Namun anda bisa menangainya dengan cara tambal sulam atau mengganti tanaman yang sudah tidak produktif dengan pohon pepaya baru. Namun sebelum anda bisa membayangkan berkipas-kipas dengan uang hasil menjual pepaya california maka anda harus menanamnya terlebih dahulu.

3. Proses Penanaman Pepaya California
Untuk menanam pohon pepaya california maka yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mengolah lahan yang akan dipergunakan untuk menanam pepaya california ini. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mulai menanam yaitu iklim. Iklim sangat berpengaruh pada pertumbuhan pepaya unggul ini. Angin yang cukup namun tidak terlalu kencang mutlak diperlukan untuk penyerbukan tanaman dan curah hujan yang cukup sangat diperlukan namun yang paling penting adalah kualitas tanah yang termasuk kandungan zat hara serta tingkat keasamannya. Tanah diolah dengan cara dilobangi dalam bentuk kotak dengan ukuran 200cmx250cm dan kemudian diberi pupuk kandang serta dibiarkan terbuka selama seminggu agar terkena sinar matahari sehingga bakteri mati.

4. Pembibitan Pepaya California
Untuk pembibitan, maka anda bisa membeli bibit dari toko pertanian atau anda membuat bibit sendiri dari pepaya california yang besar, sehat dan bagus. Selain itu jika anda telaten, anda bisa melakukan pembibitan dengan cara okulasi. Cara tanam bibit yang berupa biji harus disemai dahulu dan sebelumnya harus direndam dalam larutan fungisida benomyl dan thiram dan kemudian disemai dalam polybag. Tunggu bibit sampai tunbuh tunas dan setelah 60 hari, bibit bisa ditanam di kotak-kotak yang sudah disiapkan.

5. Pemeliharaan Pepaya California
Setelah penanaman maka pemeliharaan sangat penting. Pastikan dibawah pohon pepaya tersebut tidak terdapat rumput yang menjadi hama. Lakukan teknik bertanam yang standar seperti anda sedang bertanam pohon lainnya. Pemupukan sangat penting dan sebaiknya dipergunakan pupuk kandang yang kandungan nitrogennya tinggi. Pendangiran serta penyiangan juga mutlak diperlukan untuk menaikkan kualitas bunga yang akan dihasilkan oleh pohon pepaya tersebut agar buah menjadi besar. Jika anda bisa memanfaatkan ladang dengan cara budidaya pepaya california maka ladang yang tidak produktif menjadi sangat produktif dan bahkan menghasilkan keuntungan yang sangat menggiurkan jika anda melakukannya dengan tekun.

Demikian artikel kali ini mengenai cara budidaya pepaya california semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menanam.

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaCara Budidaya Pepaya Bangkok
Artikel berikutnyaCara Sukses Budidaya Buah Pir