Beranda Bertani Cara Sukses Budidaya Buah Pir

Cara Sukses Budidaya Buah Pir

Katipol.com – Cara Sukses Budidaya Buah PirPir (bahasa Inggris:pear) adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis. Pear adalah nama dalam bahasa Inggris. Sumber : Wikipedia.com

Berikut ini adalah cara sukses budidaya buah pir

1.Penanaman
Sebelum menanam bibit, lahan harus disipkan terlebih dahulu, dibersihkan dari rerumputan dan gulma kemudian setelah bersih divampur dengan pupuk kandang, perbandingan yang digunakan adalah satu ember untuk satu lahan bibit, setelah itu bibit disiram dengan air secukupnya. Pada musim hujan, penyiraman tidak perlu dilakukan setiap hari.

2.Pemupukan
Pemupukan sebaiknya dilakukan dalam interval sekitar satu bulan. Pupuk yang digunakan bisa memakai pupuk kandang ataupun pupukNPK. Jika pupuk NPK cukup dua sendok makan.

3.Penyiangan
Penyiangan penting dilakukan agar nutrisis yang diserap oleh buah Pir masuk secara maksimal dan tidak terbagi dengan tanaman kompetitif disekitarnya baik rumput maupun gulma.

4.Pemangkasan
Pengkaslah cabang yang tidak beraturan, saling tumpang tinidih yang sekiranya menghalangi intensitas sinar matahari masuk dengan sempurna terhadap buah Pir. Biasanya dan umumnya dipertahankan hanya 3 cabang saja.

5.Pencegahan Hama
Dengan maksud menjaga hasil produksi agar buah Pir selalu dalam kualitas terbaik, dianjurkan untuk membungkus buah dengan plastik pada tangkainya sehingga buah Pir dapat terhindar dari serangan hama dan pemangsa seperti kelelawar.

6.Penyemprotan
Penyemprotan pestisida dalam rangka pengendalian hama biasakan dilakukan setiap 2 minggu sekali setelah usia tanaman mencapai 1 tahun.

7.Panen
Masa pemanenan buah pir dilakukan ketika buah pir tampak besar dan dewasa. Buah Pir matang pada suhu kamar untuk kualitas terbaik. Di Indonesia panen buah pir dari hasil budidaya Pir biasanya dilakukan pada bulan September-Oktober. Buah Pir yang dihasilkan juga memiliki karakteristik yang tidak terlalu baik. Buah Pir yang dihasilkan memiliki ukuran yang relatif kecil dan rasa yang dihasilkan tidak semanis buah pir yang diusahakan pada iklim sedang. Buah Pir sendiri tidak mengenal musim sehingga bisa dipanen sepanjang tahun dengan catatan bahwa udidaya yang dilakukan menggunakan teknik tanam tertentu yang memungkinkan bisa panen sepanjang tahun.

Demikian artikel kali ini mengenai cara budidaya buah pir, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaCara Budidaya Pepaya California
Artikel berikutnya12 Super Creative Unique Bathroom Design Ideas!