Tuesday, January 23, 2018

Cara Beternak Kalkun

Katipol.com - Cara Beternak Kalkun, Kalkun atau burung kalkun adalah sebutan untuk dua spesies burung berukuran besar dari ordo Galliformes genus Meleagris, Kalkun betina lebih kecil dan warna bulu kurang berwarna-warni dibandingkan kalkun jantan. Sewaktu berada di alam bebas, kalkun mudah dikenali dari rentang sayapnya yang mencapai 1,5-1,8 meter. Spesies kalkun asal Amerika Utara disebut M. gallopavo sedangkan kalkun asal Amerika Tengah disebut M. ocellata.

Kalkun hasil domestikasi yang diternakkan untuk diambil dagingnya berasal dari spesies M. gallopavo yang juga dikenal sebagai kalkun liar (Wild Turkey). Sedangkan spesies M. ocellata kemungkinan adalah hasil domestikasi suku Maya. Ada orang yang berpendapat kalkun yang diternakkan untuk diambil dagingnya berasal dari kalkun suku Maya. Alasannya kalkun suku Maya lebih penurut dari kalkun liar asal Amerika Utara, tetapi teori ini tidak didukung bukti morfologis. Kalkun hasil domestikasi mempunyai pial (bagian bergelambir di bawah paruh) sebagai bukti bahwa kalkun negeri berasal dari kalkun liar M. gallopavo. Kalkun M. ocellata yang dipelihara orang Maya tidak memiliki pial. Kalkun liar merupakan hewan buruan di Amerika Utara, tetapi tidak seperti kalkun negeri, kalkun liar gesit dan pandai terbang

1. Pemilihan Bibit dan Lokasi Pembudidayaan Kalkun

Hal penting pertama yang harus Anda lakukan ketika hendak menbudidayakan kalkun yaitu memilih bibit kalkun yang baik untuk dibudididayaka. Anda bisa membeli kalkun dari penjual bibit ternak namun jika Anda sudah memiliki sepasang kalkun jantan dan betina, Anda bisa melakukan pembibitan sendiri. Tentu saja, Jika Anda belum memelihara kalkun dan hendak membeli dari penjual, tentu Anda harus memastikan untuk memilih kalkun yang sehat. Jika Anda sudah berhasil mendapatkan bibit kalkun yang sehat, langkah penting selanjutnya dalam cara beternak kalkun yaitu pemilihan lokasi budidaya. Untuk membudidayakan kalkun, lokasi yang paling tepat yaitu di daerah sekitar pantai, sekitar sungai, atau danau maupun daerah sekitar persawahan yang tujuannya adalah memungkinkan kalkun yang hendak Anda budidayakan untuk mencari makanan tambahan mereka sendiri.

2. Pembuatan Kandang Kalkun
Setelah Anda selesai memilih lokasi pembudidayaan kalkun Anda, hal penting lain yang harus Anda lakukan adalah membuat kandang untuk kalkun tersebut. Untuk membuat kandang kalkun, Anda harus memastikan untuk membuat kandang yang cukup luas sehingga kalkun dapat bermain-main di kandang tersebut. Selain memastikan untuk bahwa kandang tersebut cukup luas untuk kalkun yang Anda pelihara, Anda juga harus memastikan bahwa kandang tersebut memiliki ventilasi yang baik dan mudah untuk dibersihkan. Tentu saja, penting juga untuk membuat tempat bertelur kalkun di posisi yang aman dari kalkun lainnya. Usahakan juga untuk membuat kandang mengarah ke timur sehingga ketika terbit fajar, sinar matahari akan langsung masuk.

Pemberian Pakan dan Pemeliharaan Kesehatan Kalkun
Jika Anda sudah selesai membuat kandang, hal penting lain yang wajib Anda perhatikan dalam pembudidayaan kalkun yaitu pemberian pakan. Anda dapat membeli pakan kalkun dari toko peternakan namun yang perlu Anda perhatikan dalam memberi makan kalkun yaitu porsi. Usahakan untuk membedakan porsi pakan untuk kalkun dewasa dan kalkun anak-anak dan senantiasa awasi dan kendalikan asupan makanan kalkun Anda mengingat beberapa jenis unggas memiliki kecenderungan untuk terus makan meski sudah kenyang. Tentu saja, selain pemberian pakan, terdapat satu hal penting lain yang wajib Anda ketahui dalam cara budidaya kalkun.

Hal penting yang wajib Anda lakukan selain memberi makan kalkun Anda yaitu memastikan bahwa kesehatan kalkun Anda senantiasa terjaga. Untuk itu, selain memberi makan, Anda juga harus memberikan vaksinasi pada kalkun Anda. Selain memberikan vaksinasi, Anda juga bisa mencoba memberikan suplemen pada kalkun Anda supaya kalkun Anda dapat tumbuh dengan baik selain terhindar dari penyakit. Tentu saja, jika Anda hendak memberikan suplemen pada kalkun Anda, akan lebih baik jika Anda memilih untuk menggunakan suplemen alami sehingga kalkun yang Anda budidayakan tumbuh sehat dengan alami. Singkat kata, ada banyak sekali cara ternak yang bisa Anda lakukan dalam membudidayakan kalkun.

Demikian artikel kali ini mengenai cara beternak kalkun semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat mencoba beternak.



Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post