Saturday, August 11, 2018

Ketika Luhut Panjaitan Pamer Freeport dan Blok Rokan di Depan Milenial

katipol.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memamerkan keberhasilan pemerintah dalam mengambilalih mayoritas saham PT Freeport Indonesia (PTFI).

Hal itu diungkapkan saat mendapat pertanyaan dari Komedian Ge Pamungkas yang penasaran dengan informasi negosiasi PTFI.

Dia menceritakan bahwa proses ambilalih Freeport sudah menuju kesepakatan setelah ditandatanganinya head of agreement (HoA) antara PT Inalum dengan Freeport McMoRan.
"Nah negosiasi, dulu si Freeport itu Richard Adkerson (Bos FCX) itu selalu bicara maunya dia terus kan nggak bisa," kata Luhut di talkshow Youth X Public Figure Vol.6 yang membahas "Nasionalisme Versi Gue" di Epicentrum XXI, Jakarta, Sabtu (11/8/2018).

Dalam tim negosiasi, Luhut mengungkapkan terdapat beberapa pejabat negara mulai dari Menteri ESDM Ignasius Jonan, Meneri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Jadi sekarang prosesnya jalan, dan sekarang segera akan milik kita 51%" ungkap dia.

Selain Freeport, Luhut juga pamer soal keberhasilan pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) mengambilalih pengelolaan Blok Rokan dari Chevron.

"Rokan itu adalah satu ladang minyak terbesar di Riau, itu cadangannya masih 1,2 miliar barel, itu juga dikembangin pemerintah sekarang dimiliki Pertamina tapi 2021 dari Chevron," kata dia.

Blok Rokan yang akan dikelola Pertamina pada 2021, maka kontribusi BUMN minyak terhadap produksi nasional semakin besar.

"Bertahun-tahun itu orang bilang nggak mungkin kan, tapi tawaran Pertamina lebih bagus ya dapatlah oleh Pertamina, kan sudah selesai kontraknya 2021, akibatnya sekarang Pertamina menjadi penghasil minyak terbesar di Indonesia sebesar 63%," tutup dia.



Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post